RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                      : SMA / MA X

Mata Pelajaran                      : Kimia

Materi Pokok                         : Sistem Koloid

Kelas / Semester                    : XI / II

Pertemuan                             : I ( 3 x 40 Menit)

I.       Standar Kompetensi

5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

II. Kompetensi Dasar

5.1. Mengelompokkan sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

III. Indikator

  1.  Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati, dan koloid.
  2. Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi

IV. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat membedakan antara larutan sejati, koloid, dan suspensi kasar .
  2. Siswa dapat menjelaskan pengertian koloid.
  3. Siswa dapat mengelompokkan campuran yang ada dalam lingkungan ke dalam  larutan sejati, koloid, dan suspensi
  4. Siswa dapat mengelompokan 8 macam sistem koloid berdasarkan fase terdispersi dan medium pendispersinyV.    Materi pokok
    1. Sistem Koloid
    2. Jenis-jenis Koloid

VI. Proses Pembelajaran

Metode                 : Tanya jawab, demonstrasi, diskusi.

Model                   :Everyone is a Teacher Here

VII. Sumber pembelajaran

  1. Michael Purba, kimia SMA untuk kelas XI : Erlangga
  2. Johari dan Rachmawati, Kimia SMA dan MA untuk kelas XI: Esis

VIII. Kegiatan Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi waktu (menit) Aspel life skill yang dikembangkan
1 Pendahuluan

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
  2. Apersepsi

Guru merivew kembali pelajaran yang berkaitan dengan campuran

  1. Motivasi

Guru menginformasikan bahwa koloid sangat banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

 

10  
2 Kegiatan Inti

A.  Eksplorasi

  1. Guru mendemonstrasikan perbedaan larutan, koloid, dan suspensi.
  2. Guru menggarahkan siswa untuk membedakan larutan, koloid, dan suspensi.
  3. Guru mengarahkan siswa mengelompokkan koloid berdasarkan fase terdispersi dan medium pendispersinya.

 

  1. B.     Elaborasi.
    1. Siswa membuat pertanyaan dalam kartu indeks sesuai dengan indikator.
    2. Kartu indeks tersebut dikumpulkan,dan disebarkan secara acak.
    3. Siswa menjawab pertanyaan dalam kartu indeks yang diperolehnya dengan berdiskusi dengan anggota kelompoknya.
    4. Siswa menjelaskan jawaban yang dibuatnya di depan kelas secara acak.
    5. Siswa lain diminta untuk menambahkan jawaban atas pertanyaan yang dijelaskan.

 

C. Konfirmasi.

  1. Guru mengarahkan siswa berdiskusi dalam kelompoknya.
  2. Guru meluruskan konsep apabila ada kesalahan.
  3. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dan siswa yang memberikan jawaban.

 

105  

Kecakapan menggali informasi, komunikasi lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecakapan mengolah informasi, kecakapan komunikasi lisan, dan bekerjasama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecakapan akademik.

 

 

 

3 Penutup

  1. Guru memandu siswa untuk menyimpulkan pelajaran.
  2. Guru memberikan tugas rumah.

 

5  

                                      

  1. I.         Penilaian
    1. Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
    2. Bentuk Penilaian         : Tes Objektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA / MA X

Mata Pelajaran          : Kimia

Materi Pokok             : Sifat Koloid

Kelas Semester          : XI / II

Pertemuan                 : II (3 x 40 Menit)

 

  1. I.       Standar Kompetensi

5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. II.    Kompetensi Dasar

5.1. Mengelompokkan sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

III. Indikator

  1. Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (efek Tyndall, gerak Brown, mutan koloid, koagulasi, koloid pelindung) pemurnian koloid, koloid liofob dan liofil.
  2. Mendeskripsikan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari.

IV. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menjelaskan sifat koloid berdasarkan Efek Tyndall
  2. Siswa dapat menjelaskan sifat koloid berdasarkan Gerak Brown
  3. Siswa dapat menjelaskan terjadinya muatan listrik pada partikel koloid berdasarkan peristiwa elektroforesis
  4. Siswa dapat menjelaskan terjadinya muatan listrik pada partikel koloid berdasarkan peristiwa adsorpsi.
  5. Siswa dapat menjelaskan kestabilan koagulasi
  6. Siswa dapat menjelaskan fungsi koloid pelindung
  7. Siswa dapat menjelaskan proses dialisis
  8. Siswa dapat menjelaskan koloid liofil dan liofob.
  9. Siswa dapat menjelaskan peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari.
    1. V.    Materi Pokok / Uraian
      1. Sifat-Sifat Koloid
      2. Kegunaan koloid

VI. Proses pembelajaran

Metode               : Tanya jawab dan diskusi.

Model                 : Everyone is a Teacher Here.

  1. VII.    Sumber Pembelajaran
    1. Michael Purba, kimia SMA untuk kelas XI : Erlangga
    2. Johari dan Rachmawati, Kimia SMA dan MA untuk kelas XI: Esis

 

  1. VIII.        Kegiatan Pembelajaran      
No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu (menit) Aspek life skill yang dikembangkan
1 Pendahuluan

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  2. Apersepsi

Guru mereview materi sebelumnya yaitu pengertian koloid dan jenis-jenisnya.

  1. Motivasi

Bagaimana menentukan suatu benda yang tergolong koloid atau tidak

 

10  
2 Kegiatan Inti

A.  Eksplorasi

  1. Guru mengarahkan siswa untuk menemukan proses koloid dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Guru melakukan tanya jawab dan membimbing siswa untuk mendeskripsikan efek Tyndall.
  3. Guru mengarahkan siswa untuk mendeskripsikan gerak Brown.
  4. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang muatan koloid.
  5. Guru membimbing siswa menjelaskan proses       koagulasi.
  6. Guru mengarahkan siswa memahami proses dialisis.
  7. Guru mengarahkan siswa memahami  koloid liofob dan liofil.
  8. Guru mengarahkan siswa mendeskripsikan peranan koloid dalam kehidupan.

B. Elaborasi.

  1. Siswa membuat pertanyaan dalam kartu indeks sesuai dengan indikator.
  2. Kartu indeks tersebut dikumpulkan,dan disebarkan secara acak.
  3. Siswa menjawab pertanyaan dalam kartu indeks yang diperolehnya dengan berdiskusi dengan anggota kelompoknya.
  4. Salah seorang siswa menjelaskan jawaban yang dibuatnya di depan kelas.
  5. Siswa lain diminta untuk menambahkan jawaban atas pertanyaan yang dijelaskan.

C. Konfirmasi.

  1. Guru mengarahkan siswa berdiskusi dalam kelompoknya.
  2. Guru meluruskan konsep apabila ada kesalahan.
  3. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dan siswa yang memberikan jawaban.
100  

Kecakapan menggali informasi, komunikasi lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecakapan mengolah informasi, kecakapan komunikasi lisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecakapan akademik.

3 Penutup

  1. Guru mengarahkan siswa menyimpulkan pelajaran
  2. Guru memberikan tugas rumah
10  

 

  1. IX.             Penilaian

Teknik Penilaian          : Tes Tertulis

Bentuk Penilaian         : Tes Objektif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KELAS EKSPERIMEN

Satuan Pendidikan    : SMA / MA X

Mata Pelajaran          : Kimia

Materi Pokok             : Pembuatan Koloid

Kelas Semester          : XI / II

Pertemuan                  : III ( 3 x 40 Menit)

 

  1. I.       Standar Kompetensi

5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. II.    Kompetensi Dasar

5.2. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

  1. III.  Indikator

Menjelaskan proses pembuatan koloid

IV. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mengidentifikasikan pembuatan koloid berdasarkan cara kondensasi
  2. Siswa dapat mengidentifikasi pembuatan koloid berdasarkan cara dispersi
  3. Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan koloid secara kondensasi
  4. Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan koloid secara dispersi
    1. V.    Materi Pokok / Uraian

Pembuatan Koloid

VI. Proses pembelajaran

Metode                  : Tanya jawab, dan diskusi.

Model                    : Everyone is a Teacher Here.

  1. VII.    Sumber Pembelajaran

1.Michael Purba, kimia SMA untuk kelas XI : Erlangga

2.Johari dan Rachmawati, Kimia SMA dan MA untuk kelas XI: Esis

VIII. Kegiatan Pembelajaran

No Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu (menit) Aspek Life skill yang dikembangkan
1 Pendahuluan

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  2. Apersepsi

Guru mereview materi sebelumnya yaitu mengenai sifat-sifat koloid.

  1. Motivasi

Memberikan pandangan tentang pembuatan koloid.

 

10  
2 Kegiatan Inti

A.  Eksplorasi

  1. Guru mendeskripsikan proses pembuatan koloid
  2. Guru mengarahkan siswa untuk memahami     pembuatan koloid secara kondensasi.
  3. Guru mengarahkan siswa untuk memahami           pembuatan koloid secara dispersi.
  1. B.     Elaborasi
  2. C.    Konfirmasi
  1. Siswa membuat pertanyaan dalam kartu indeks sesuai dengan indikator.
  2. Kartu indeks tersebut dikumpulkan,dan disebarkan secara acak.
  3. Siswa menjawab pertanyaan dalam kartu indeks yang diperolehnya dengan berdiskusi dengan anggota kelompoknya.
  4. Salah seorang siswa menjelaskan jawaban yang dibuatnya di depan kelas.
  5. Siswa lain diminta untuk menambahkan jawaban atas pertanyaan yang dijelaskan
  1. Guru mengarahkan siswa berdiskusi dalam kelompoknya.
  2. Guru memberikan penguatan dan meluruskan konsep siswa apabila ada kesalahan.
  3. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dan siswa yang memberikan jawaban.

 

100  

Kecakapan menggali informasi, komunikasi lisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecakapan mengolah informasi, kecakapan komunikasi lisan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecakapan akademik.

 

3 Penutup

Guru mengarahkan siswa menyimpulkan pelajaran

 

10  

 

IX. Penilaian

Teknik Penilaian    : Tes Tertulis

Bentuk Penilaian   : Tes Objektif

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar